UPDATED VERIFIKASI tentang Edaran Aduan Penipuan
    Oct. 4, 2016, 4:57 p.m. Posted by: aka56

    Versi UPDATE: 1.1 (04 OKTOBER 2016)

    ID-CERT menerima aduan terkait validitas informasi dengan adanya edaran berikut ini. Informasi sejenis seperti ini telah berulang kali beredar diberbagai media sosial maupun melalui SMS. Untuk itu, ID-CERT merasa perlu memverifikasi informasi ini, karena telah menjadi pertanyaan yang kerap berulang.

    Setelah kami lakukan verifikasi atas validitas informasi ini, berikut ini kami sampaikan hasilnya:

    1. Operator TELKOMSEL menyatakan VALID untuk nomer aduan via SMS ke 1166 dengan format: Penipuan#NomerPenipuan#isiSMS#

    2. POLRI melalui unit CyberCrime Mabes POLRI menyatakan surat edaran dengan Logo POLRI dan Alamat Surel sebagaimana yang tercantum dalam edaran ini (cybercrime@polri.go.id) adalah HOAX atau TIDAK VALID.

    3. Operator INDOSAT OOREDOO menyatakan bahwa shortcode 726 tidak lagi digunakan untuk pelaporan penipuan/tidak valid.Untuk pengaduan penipuan dapat dilakukan dengan menggunakan layanan UMB *123*262#, menghubungi contact center Indosat Ooredoo, atau datang langsung ke galeri terdekat. Sehingga disimpulkan TIDAK VALID untuk nomer aduan INDOSAT OOREDOO.

    4. Operator XL menyatakan format SMS maupun Nomer SMS 5883 adalah TIDAK VALID atau tidak digunakan di sistem XL.

    KESIMPULAN: Informasi yang beredar dapat kami simpulkan TIDAK VALID ataupun HOAX dengan beberapa catatan alternatif aduan sebagaimana kami jelaskan diatas.

    Demikian kami sampaikan,

    ID-CERT