Latihan Siber Asia Pasifik (APCERT Security Drill) gunakan Malware buatan Indonesia - 19 FEB 2014
    March 1, 2014, 4:33 p.m. Posted by: aka56



    PRESS RELEASE

    Tentang
    Dukungan ID-CERT terhadap pelaksanaan Latihan Siber Asia Pasifik (APCERT Security Drill)

    Ada yang berbeda dengan pelaksanaan Latihan Siber tingkat Asia Pasifik tahun ini, atau yang biasa disebut dengan APCERT Security Drill.

    Pertama, bahwa pada tahun ini, ID-CERT tidak berpartisipasi sebagai pemain, namun untuk pertama kalinya, ID-CERT justru berpartisipasi sebagai Panitia Penyelenggara atau yang disebut dengan Drill Organizing Committee.

    Kedua, bahwa untuk pertama kalinya dalam pelaksanaan Security Drill ini, ID-CERT ikut berpatisipasi dengan menyumbangkan sebuah Malware untuk digunakan dalam salah satu skenario APCERT Security Drill kali ini. Tim
    Malware kami Alhamdulillah telah berhasil membuat Malware tersebut. Malware tersebut digunakan pada Fase Pertama dan Fase ke Empat dalam pelaksanaan APCERT Security Drill 2014.

    Dalam keterangan Ketua panitia penyelenggara APCERT (APCERT Drill OC) melalui surel kepada kami, bahwa jenis malware Android yang digunakan untuk keperluan latihan ini telah memenuhi harapan dan kriteria yang ditetapkan panitia.

    Anggota tim tersebut merupakan voluntir dari ID-CERT dengan latar belakang: dosen dan mahasiswa. Anggota tim Malware kami terdiri dari:
    1. Setia Juli Irzal Ismail (Koordinator)
    2. Hadi Rasyid Sono
    3. Aria
    4. Sakti Dwi Cahyo

    APCERT Security Drill dilaksanakan setiap tahunnya dengan melibatkan CSIRT dan CERT se-Asia Pasifik ditambah dengan anggota OIC-CERT dan sejumlah CERT lainnya.

    Sekalilagi kami ucapkan terima kasih kepada tim Malware ID-CERT dan tetap semangat dalam berkarya.

    Demikian kami sampaikan,
    ID-CERT