Saran Keamanan Dunia Maya
    April 5, 2018, 6:38 a.m. Posted by: aka56

    Saran Keamanan Dunia Maya

    Internet merupakan tempat kita untuk saling berbagi, baik berbagi hal yang baik maupun hal yang kurang baik, seperti virus ataupun malware misalnya. Dan mengamankan internet adalah tanggung jawab kita bersama, khususnya kepada para penduduk digital. Berikut ini adalah hal-hal yang dapat kita lakukan untuk membantu keamanan cyber ini.

    Beri Kunci Ganda pada ID Kamu

    Sesungguhnya, username dan password saja tidak cukup kuat untuk menjaga akun-akun penting kamu seperti email, e-banking, dan media social. Jangan dilewatkan, apabila ditawarkan untuk memperkuat keamanan akundengan menggunakan alat autentikasi tambahan seperti, biometrics, security keys, atau kode sekali pakai yang dikirimkan melalui app yang ada di HP-mu.

    Gunakan Password yang Berbeda

    Sudah menjadi hal yang biasa menggunakan password yang sama di berbagai tempat untuk kemudahan dalam mengingat. Hal ini jelas sangat berbahaya karena satu tempat berhasil ditembus maka tempat lainnya sudah tidak aman. Untuk membantu manajemen password di tempat yang berbeda bisa menggunakan password manager seperti, Truekey, LastPass, dan KeePass.

    Update Sistem Kamu

    Perhatikan semua software pada perangkat yang terhubung ke internet—termasuk PC, latop, tablet, dan smartphone—agar selalu updatei untuk mengurangi resiko terinfeksi ransomware maupun malware.

    Jika Ragu, Tinggalkan!

    Memberikan tautan di email, tweets, posting dan iklan online sering dilakukan oleh penjahat di dunia maya untuk mencuri informasimu. Jika terlihat mencurigakan, biarpun Kamu tahu sumbernya, sebaiknya hapus atau, jika yakin, tandai sebagai sampah.

    Lakukan Back Up

    Lindungi data pentingmu, seperti data pekerjaan, foto, music, dan informasi digital lainnya dengan membuat salinan digitalnya dan simpan di tempat yang aman. Jika kamu memiliki salinan data dan perangkat kamu menjadi korban kejahatan cyber, maka kamu bisa dengan mudah mengembalikan data dari salinanmu.

    Sadari Online Presence

    Setel tingkat privasi dan keamanan di situs web ke tingkat yang kamu butuhkan untuk berbagi informasi. Tidak masalah untuk membatasi bagaimana dan dengan siapa kamu berbagi informasi untuk menjaga online presence.

    Berbagi Secara Pintar

    Pikirkan sebelum mengepostkan tentang dirimu maupun orang lain secara online. Pertimbangkan apa yang ditunjukkan oleh postingan tersebut, siapa yang mungkin melihat dan bagaimana hal itu bisa mempengaruhimu atau orang lain.

    Informasi Pribadi itu Seperti Uang, Hargai dan Lindungi!

    Informasi tentang Kamu, seperti riwayat pembelian atau lokasi, memiliki nilai yang sama seperti uang. Pikirkan dengan matang siapa yang boleh mendapatkan informasi tersebut dan bagaimana data tersebut dikumpulkan oleh situs web, aplikasi, maupun semua perangkat yang terhubung ke internet.