[ID-CERT] Pertemuan Tahunan VII: DICARI: Vendor Antivirus LOKAL!
    Jan. 31, 2015, 6:54 a.m. Posted by: aka56

    Pertemuan Tahunan VII: DICARI: Vendor Antivirus Lokal !

    Bandung, 29 JANUARI 2015

    Salah satu pembahasan dalam Pertemuan Tahunan ID-CERT dibandung kali ini adalah pentingnya membina mitra dengan vendor Antivirus lokal seperti SmadAv dan ARTAV. Isu ini juga sempat menjadi topik bahasan pada pertemuan sebelumnya di Bandung (21 April 2014).

    Namun sayangnya, hingga saat ini, ID-CERT belum berhasil menghubungi kedua vendor Antivirus lokal tersebut untuk diajak bermitra. Tidak hanya ID-CERT, namun sejumlah konstituen ID-CERT bahkan bersedia menjadi mitra Antivirus lokal ini. ID-CERT juga sangat terbuka terhadap vendor Antivirus lainnya yang ingin bekerjasama dengan kami.

    Sejumlah isu yang mencuat terkait pentingnya bermitra dengan Antivirus lokal adalah terkait dengan trend keamanan lokal dan juga mendukung sepenuhnya kreatifitas anak bangsa dalam berkreasi termasuk dalam mengembangkan Antivirus sendiri.

    Malware juga menjadi topik khusus yang dibahas pada pertemuan kali ini seiring dengan ancaman malware akhir-akhir ini yang terus meningkat juga perlu menjadikan semua pihak menjadi waspada. Hal khusus yang juga dibahas adalah tentang adanya ancaman Cryptolocker atau Malware Penyandera atau Ransomware dimana malware ini bekerja dengan melakukan enkripsi terhadap seluruh file yang ada di PC dan meminta tebusan untuk dapat dikirim ke rekening tertentu.

    Hal lainnya yang juga menjadi perhatian adalah masalah Fraud. Muncul usulan tentang perlunya sertifikasi/labelisasi situs Web yang kerap digunakan untuk e-Commerce. menanggapi hal ini, ketua ID-CERT menyerahkannya kembali kepada komunitas apakah ID-CERT perlu melakukan hal ini.

    Pertemuan kali ini juga menyepakati untuk mengundang Asosiasi Telpon Seluler dan juga vendor Antivirus dalam pertemuan berikutnya.

    Pertemuan Tahunan ID-CERT ini merupakan yang terbesar dari sisi jumlah peserta sepanjang sejarah ID-CERT. Pertemuan kali ini dihadiri oleh 64 peserta dari lintas instansi baik pemerintahan, organisasi, komunitas maupun operator telekomunikasi dan juga ISP serta akademisi.Kami juga mengucapka terima kasih secara khusus kepada PT. TELKOM Indonesia atas fasilitas yang telah diberikan dalam acara ini.Selengkapnya tentang materi pertemuan ini kami rangkum dalam paparan Laporan Aktifitas ID-CERT tahun 2014 yang dapat diunduh di http://www.cert.or.id/bahan-bacaan/id/konten/23/