ID-CERT hadir di APRICOT dalam rangka memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan Sesi APCERT
    March 18, 2014, 7:25 a.m. Posted by: aka56

    ID-CERT hadir di APRICOT dalam rangka memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan Sesi APCERT

    Pada 26 FEBRUARI 2014,setelah hampir 1 dekade APCERT "berpisah" dari APRICOT, kini APCERT hadir kembali melalui sesi APCERT Day diacara APRICOT Kuala Lumpur Malaysia.

    APCERT Day sendiri merupakan acara yang dipersiapkan sejak beberapa tahun yang lalu, dimana APCERT berkeinginan sekali untuk dapat kembali hadir di APRICOT. APCERT pada saat AGM tahun 2012, memberikan mandat kepada ID-CERT untuk melakukan studi tentang kemungkinan pelaksanaan APCERT di APRICOT.

    Puncaknya pada tahun 2013 yang lalu, saat ulang tahun APCERT ke-10 dikota kelahirannya, Brisbane (Australia), APCERT berkesempatan berkunjung ke kantor APNIC dan disinilah ID-CERT kembali "didaulat" oleh APCERT dan APNIC/APRICOT agar acara ini dapat segera terwujud.

    Berkat bantuan dan kerjasama dengan SC APCERT, termasuk CyberSecurity Malaysia dan JPCERT/CC yang selama ini menjadi koordinator ditingkat SC APCERT dan pjuga pihak APRICOT dan APNIC yang selama ini banyak memberikan fasilitas terhadap hal ini, Alhamdulillah, pada 26 Februari 2014 yang lalu, acara ini dapat terwujud, setelah sebelumnya sempat terjadi kegagalan saat pelaksanaan APNIC Meeting 36 di Xi'an dikarenakan sedikitnya jumlah anggota APCERT yang dapat hadir dan bertindak selaku pembicara disesi tersebut.

    Tanpa diduga, bahwa jumlah peserta dalam acara ini mencapai puncaknya usai makan siang (sesi III), dimana peserta sangat membludak hingga mencapai sekitar 70 peserta lebih dan sangat tertarik dengan topik IT Security yang disampaikan oleh KrCERT/CC.Padahal kapasitas ruangan hanya dipersiapkan sekitar 60 peserta saja.

    ID-CERTpun didaulat untuk menjadi pembicara Panel disesi terakhir dengan topik "Collaboration between Network Operators, Registry Services, and CERTs on Cyber Risk Reduction and Measurement", ID-CERT mewakili APCERT diminta merangkum apa saja yang menjadi kebutuhan kolaborasi konkrit kedepannya antara para Operator Jaringan, Domain Registry dan CERT.

    Beberapa hal yang menjadi catatan kami adalah:

    1. Perlunya kolaborasi dengan komunitas APTLD (Asia Pasific Top Level Domain), yaitu komunitas Domain Registry, terkait dengan hal-hal IT Security yang juga sempat dipaparkan oleh salah satu panelis dari DotAsia.

    2. Perlunya kolaborasi dengan APRICOT dan APNIC kedepannya agar forum ini dapat terus berjalan.

    3. Antusiasme yang tinggi dari kalangan Operator Jaringan dan juga Registry yang berharap perlunya bersinergi dengan CERT, karena tidak ada satupun organisasi yang dapat bekerja sendirian dalam menghadapi tantangan didunia Siber.

    Saking antusiasnya juga terhadap keberhasilan acara ini, ID-CERT pun ikut hadir dalam acara ini (diwakili oleh Ahmad Alkazimy), walaupun harus menempuh perjalanan selama 1 hari dan hanya berada beberapa jam saja di Kuala Lumpur.

    CATATAN: Definisi masing-masing istilah dapat dilihat dicatatan kaki dibawah ini

    CATATAN

    1. APCERT: (Asia Pacific Computer Emergency Response Team), merupakan forum regional CERT/CSIRT se Asia Pasifik yang didirikan pada tahun 2003 saat berlangsungnya APRICOT di Brisbane, dimana ID-CERT dan APRICOT menjadi salah satu pendiri forum ini. Selengkapnya tentang APCERT dapat dilihat di http://www.apcert.org/

    2. APRICOT: (Asia Pacific Regional Internet Conference on Operational Technologies) adalah event internet regional tahunan yang sangat prestisius yang telah berjalan sejak tahun 1996. APRICOT telah menyediakan forum untuk saling berbagi ilmu untuk para "pembangun" internet diregional ini dengan cara yang unik dan sukses, yaitu dengan belajar langsung peers mereka dan juga para guru internet dari seluruh dunia. Selengkapnya mengenai APRICOT dapat dilihat di: http://www.apricot.net

    3. APTLD:(Asia Pacific Top Level Domain Association) adalah organisasi bagi ccTLD (country-code Top Level Domain) registry dikawasan Asia Pacifik. APTLD didirikan pada 1998, dan pada tahun 2003 secara legal terdaftar di Malaysia.APTLD merupakan forum yang selalu hadir di APRICOT.Selengkapnya mengenai APTLD dapat dilihat di http://www.aptld.org/

    4. APNIC (Asia Pacific Network Information Center), adalah organisasi non-profit yang bertanggungjawab terhadap pendelegasian Internet Resources (IPv4/IPv6, AS Number) dikawasan Asia Pasifik sebagaimana dimandatkan oleh ICANN.APNIC adalah salah satu anggota forum APRICOT yang kerap aktif hadir dan turut berpartisipasi. Selengkapnya tentang APNIC dapat dilihat di http://www.apnic.net