[KLIPPING] APJII gelar latihan bersama penanganan insiden cyber
    Nov. 11, 2013, noon Posted by: aka56

    APJII gelar latihan bersama penanganan insiden cyber

     

    Reporter : Arif Pitoyo | Senin, 11 November 2013 10:35

     

    Merdeka.com - Menyambut Hari Pahlawan, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia bekerja sama dengan ID-CERT telah mengadakan latihan bersama penanganan insiden cyber atau yang lazim disebut dengan "Cyber Security Drill".

    Latihan ini bertujuan untuk menguji kesiapan SDM serta SOP ISP/NAP di Indonesia dalam menghadapi segala bentuk insiden Network Abuse/IT Security.

    Pelaksanaan latihan ini diadakan secara online dari lokasi kerja tiap-tiap ISP/NAP pada hari dan jam yang telah ditentukan yang terdiri dari pemantau dan pemain dari ISP.

    Para pemain yang bertugas sebagai pasukan khusus siber ini mendapat tugas dari Pusat Komando untuk menjalankan suatu misi yang terkait insiden siber. Peserta diharap menyelesaikan misi yang diberikan ini sesuai waktu yang telah ditentukan.

    Informasi latihan, aturan main, soal dan jawaban, dikirimkan lewat email dalam bentuk skenario yang diatur oleh pusat komando dan secara aktif direspon pemain dengan pengawasan pemantau. Selain itu dikirimkan pula pesan tersandi ke seluruh pemain yang harus dipecahkan menggunakan kode yang telah ditentukan.

    ISP yang terlibat dalam misi latihan ini di antaranya Skyline Semesta, TGG, UII.Net, Uni.Net, Padi.Net, Angkasa Wave, Jasnita, Hyper.Net, Jasatel, DNK, SAT.NET, dan Laxo.

    Menurut Irvan Nasrun, Ketua Bidang Keamanan Internet APJII setelah mengikuti latihan ini SDM ISP/NAP diharapkan bisa menjaga keamanan internet serta memiliki kemampuan untuk menangkal serangan di dunia siber yang dapat mengganggu kedaulatan negara.

    [dzm]

    http://www.merdeka.com/teknologi/apjii-gelar-latihan-bersama-penanganan-insiden-cyber.html