[KLIPPING] ID-CERT: Belum Ada Laporan Serangan Hacker dari Australia
    Nov. 19, 2013, 7:06 a.m. Posted by: aka56

    [KLIPPING]

    ID-CERT: Belum Ada Laporan Serangan Hacker dari Australia

    Senin, 18 November 2013 - 15:43 wib

    Ramadhan Aditya - Okezone

     Ilustrasi. (foto: Reuters)

    JAKARTA - Kabar tentang perang hacker antara Indonesia dengan Australia tengah ramai diberitakan, namun hingga saat ini belum ada laporan serangan yang datang dari Negeri Kanguru tersebut. Tim yang mengawasi network incident di Indonesia, Indonesia Computer Emergency Response Team (ID-CERT), mengatakan tak mendapat data serangan berasal dari Australia.



    Dikatakan oleh peneliti sekaligus manajer ID-CERT, Ahmad Alkazimy, sejauh ini belum ada laporan tentang serangan yang datang dari luar negeri, terlebih Australia yang saat ini hubungannya di media online tengah memanas. "Sampai saat ini belum ada laporan adanya serangan hacker yang datang dari luar negeri. Yang ada hanya serangan dari kita (Indonesia) sendiri," ujar Ahmad kepada Okezone, Senin (18/11/2013).



    Terkait serangan pada situs Garuda Indonesia yang baru-baru saja dilakukan oleh hacker yang diduga dari Australia, Ahmad menganalisa hal tersebut bisa jadi bukan dilakukan oleh hacker dari Australia itu sendiri. Ahmad skeptis dan mengira-ngira ada pihak ketiga yang memanfaatkan situasi ini. "Berdasarkan analisa saya, hacker yang mengklaim sebagai Anonymous Australia itu bukan dari Australia. Pasti ada pihak ketiga yang memanfaatkan keadaan ini," tukas Ahmad berpendapat.



    Terlepas benar tidaknya serangan tersebut dilakukan dari Australia, namun sekarang ini tengah dilakukan penyelidikan terkait sumber serangan yang sempat mematikan sistem Garuda Indonesia tersebut. Berdasarkan informasi terakhir, komunitas hacker Anonymous Australia mengklaim tidak melakukan serangan pada situs Garuda Indonesia ataupun Angkasa Pura. AnonAu mengatakan ini hanya propaganda yang ditengarai untuk mengadu domba Indonesia dengan Australia. (amr)


    http://techno.okezone.com/read/2013/11/18/55/898715/id-cert-belum-ada-laporan-serangan-hacker-dari-australia